Kamis, 04 Desember 2008

ALLAH LAH ANDALANKU!

Baca : Daniel 2
“Ya Allah nenek moyangku, kupuji dan kumuliakan Engkau, sebab Engkau mengaruniakan kepadaku hikmat dan kekuatan, dan telah memberitahukan kepadaku sekarang apa yang kami mohon kepada-Mu: Engkau telah memberitahukan kepada kami hal yang dipersoalkan raja.” (Daniel 2:23)

Kehidupan manusia diwarnai dengan banyak peristiwa-peristiwa dan persoalan. Ada peristiwa yang menyenangkan namun juga ada yang menyedihkan. Ada yang memberikan semangat tapi ada juga yang mengecilkan hati. Tidak jarang peristiwa dan persoalan yang dihadapinya itu tidak dapat dimengerti oleh otak manusia. Berbagai usaha dilakukan manusia untuk dapat mengerti peristiwa dan persoalan kehidupan yang tidak dimengerti itu.
Nebukadnezar dan Daniel, sebagai manusia biasa, juga pernah mengahadapi persoalan dan peristiwa yang tidak dapat dimengerti, namun mereka meliki caranya masing-masing untuk dapat mengerti persoalan tersebut.
Nebukadnezar bermimpi dan ia tidak mengerti mimpinya itu, lalu memanggil semua orang-orang berilmu, pandai dan berhikmat supaya mereka menjelaskan arti mimpinya tersebut (Dan. 2:2-3). Namun tidak ada seorangpun dari antara orang berilmu, pandai dan berhikmat itu yang dapat memberitahukan dan menjelaskan arti mimpi Nebukadnezar. Nebukadnezar mengandalkan manusia dan ia kecewa.
Sebagai salah satu orang pandai di kerajaan Babilonia, Daniel pun menghadapi bahaya hukuman mati jika ia tidak dapat memberitahukan dan menjelaskan mimpi raja Nebukadnezar. Daniel tidak meminta pertolongan manusia. Daniel dan ketiga kawannya memohon kasih sayang kepada Allah dan meminta Allah menyingkapkan mimpi tersebut. Daniel mengandalkan Allah dan ia berhasil.
Manusia tidak akan bebas dari persoalan selama ia hidup di dunia, tapi bagimana manusia menghadapi persoalan hidupnya adalah hal yang penting dan menentukan. Jika ia mengandalkan manusia maka ia harus bersiap-siap kecewa. Namun jika ia mengandalkan Allah maka ia diberkati. Amin

ALLAH TIDAK PERNAH MENGECEWAKAN ORANG YANG MENGANDALKANNYA

Tidak ada komentar: