Minggu, 07 Desember 2008

RESIKO?

Bacalah Daniel 3
Berkatalah Nebukadnezar: “Terpujilah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego! Ia telah mengutus malaikat-Nya dan melepaskan hamba-hamba-Nya, yang telah menaruh percaya kepada-Nya, dan melanggar titah raja, dan yang menyerahkan tubuh mereka, karena mereka tidak mau memuja dan menyembah allah manapun keculai Allah mereka.” (Daniel 3:28)

Hidup manusia adalah hidup yang penuh dengan pilihan-pilihan. Pilihan yang harus diputuskan dan keputusan itu menghasilkan resiko. Mulai dari bangun pagi hingga kembali tidur di malam hati. Mulai dari hal kecil seperti mau makan apa, hingga keputusan besar seperti mau kuliah fakultas apa. Itulah kehidupan manusia yang penuh dengan pilihan-pilihan yang harus diputuskan dengan resiko yang telah menanti.
Dalam keputusan kita mengikuti Tuhan pun banyak resikonya. Salah satu resikonya ialah menghadapi orang-orang yang tidak menyukai keputusan kita mengikut Tuhan, yang terkadang tidak segan-segan menekan, menganiaya bahkan mencoba membunuh kita seperti yang dialami oleh Sadrakh, Mesakh dan Abednego.
Sadrakh, Mesakh dan Abednego dipaksa oleh raja Nebukadnezar untuk menyembah patung. Mereka tahu benar resiko yang akan mereka hadapi. Jika mereka tidak menyembah patung tersebut maka perapian yang menyala-nyala telah menanti mereka. Jika mereka menyembah patung tersebut, memang mereka akan selamat dari perapian yang menyala-nyala namun mereka akan menghadapi murka Tuhan. Akhirnya mereka mengambil keputusan tidak menyembah patung tersebut walaupun mereka akan dilemparkan ke dalam api yang menyala-nyala. Karena kesetiaan mereka kepada Allah maka Allah mengirimkan malaikat-Nya dan melepaskan mereka.
Mengikut Tuhan memang ada bahaya dan resiko namun percayalah, Allah yang kita sembah adalah Allah yang setia yang tidak pernah meninggalkan orang-orang yang setia kepada-Nya. Jika Allah yang menciptakan langit dan bumi beserta dengan kita apa lagi yang kita takutkan.
RESIKO ? SIAPA TAKUT !

Tidak ada komentar: